Perkembangan Perpustakaan di Masa Keemasan Islam

Posted: April 8, 2010 in Bahasa Arab

Buku-buku sebelum penemuan percetakan mahal harganya. Tidak ada yang bisa memilikinya kecuali orang-orang kaya, karena ditulis dengan beban (kesulitan) yang tinggi. Dengan demikian orang-orang yang mampu dari para pecinta ilmu mendirikan perpustakaan dengan mengumpulkan buku-buku dan membuka pintu-pintu bagi para pecinta ilmu untuk membaca dan melakukan penelitian. Perpustakaan ini juga melaksanakan apa yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga ilmu dan universitas di saat ini.

Khalifah Harun Ar-Rasyid telah membangun Baitul Hikmah yang merupakan perpustakaan umum yang pertama di dunia Islam. Perpustakaan tersebut menjadi pusat ilmu dan tempat berkumpulnya para ilmuwan untuk belajar dan melakukan penelitian, dan juga tempat belajar para pencari ilmu, sehingga masa Khalifah Al-Ma’mun dipandang sebagai masa kejayaan Baitul Hikmah, dimana banyak diterjemahkanya sejumlah besar buku-buku dari Yunani, Persia, dan India.

Dari beberapa perpustakaan yang terkenal, diantaranya Darul Hikmah yang dibangun pada akhir abad ke-4 H di Kairo. Telah banyak buku-buku yang diambil dari lemari istana dan buku-buku tersebut diizinkan masuk untuk semua bangsa. Diantara mereka ada yang datang untuk membaca atau untuk menyalin dan untuk mempelajarinya. Pembangunan perpustakaan ini sangat besar dengan meliputi 40 lemari dan berisi sekitar 18.000 buku dengan rak-rak yang terbuka dan buku-buku yang terjangkau untuk semua pihak.

Terjemah dari Buku Bahasa Arab.

Kelompok 7

Ferra Herawati

Nuraini Azizah

Rafij Riska Ratna Kumala Dewi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s