Tingkatan-Tingkatan Bertauhid

Posted: February 15, 2010 in Aqidah Tauhid

Tauhid adalah mengesakan Allah dengan beribadah kepada-Nya. Ibadah merupakan tujuan penciptaan alam semesta ini. Tauhid menunjukkan segala yang diketahui manusia tentang Allah dan ciptaan-Nya.

Tauhid berdasarkan Al-Quran terbagi menjadi :

1. Tauhid Rububiyah

Katakanlah: “Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.(Q.S. An-Naas: 1)

Tauhid Rububiyah yaitu pengakuan bahwa sesungguhnya Allah adalah Rabb, tidak boleh ada yang menyekutukan-Nya. Allah Maha Pencipta, Yang Memelihara, Menguasai, dan Mengatur manusia, sehingga manusia tidak boleh menguasai dan mengatur aspek kehidupan sekehendak mereka.

2. Tauhid Mulkiyah

Raja manusia.(Q.S. An-Naas: 2)

Allah merupakan Raja yang sebenarnya, memiliki kerajaan yang berstruktur. Terdiri dari para malaikat sebagai bala tentara, pencatat amal manusia, pembantu mukmin di waktu perang, sebagai hofadhoh (penjaga), dan lain-lain. Dan terdapat utusan Allah, yaitu para Nabi dan Rasul, sampai ke Nabi Muhammad saw. Allah menguasai seluruh arasy, surga, langit, dunia, dan neraka. Di dunia, Allah menugaskan manusia sebagai khalifah dan hamba-Nya. Sebagai ulil amri untuk memimpin masyarakat madani (manusia penduduk bumi) sebagai warga Kerajaan Allah.

3. Tauhid Uluhiyah

Sembahan manusia. (Q.S. An-Naas: 3)

Tauhid Uluhiyah yaitu mengakui bahwa Allah adalah sembahan manusia, sehingga kita mengesakan Allah dengan melakukan berbagai ibadah yang disyariatkan. Tauhid ini mencakup berdoa semata-mata kepada Allah, mengambil hukum dari Al-Quran, dan tunduk kepada syariat Allah.

4. Tauhid Asma’ wa Shifat

… tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha mendengar dan Melihat. (Q.S. Asy-Syuura: 11)

Tauhid Asma’ wa shifat yaitu beriman terhadap segala apa yang terkandung dalam Al-Quran dan hadits tentang sifat-sifat Allah. Tauhid Asma’ wa shifat tersebut harus secara benar, tanpa tahrif (penyimpangan), takyif (visualisasi), ta’thil (penafian), tamstil (penyerupaan), dan tafwidh (penyerahan).

Tingkatan Merealisasikan Tauhid

Menurut Al-Ustadz Abu Muhammad Abdul Mu’thi Al-Maidani, merealisasikan tauhid dapat dibagi menjadi dua tingkatan:

1. Tingkat yg Wajib

Yaitu seseorang merealisasikan tauhid dengan membersihkan dan memurnikan dari berbagai jenis kesyirikan kebid’ahan dan dosa besar yang dilakukan terus-menerus. Ini merupakan tingkat wajib bagi orang yang ingin merealisasikan tauhid dengan sempurna.

2. Tingkat yg Mustahab

Tingkat ini digapai setelah menunaikan tingkat yg pertama. Oleh sebab itu tingkat ini lebih tinggi derajat dari tingkat yang pertama. Seseorang yang ingin menduduki tingkat ini harus melepaskan seluruh wujud penghambaan diri keinginan dan tujuan yang menghadap kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sehingga hawa nafsu menjadi budak, sedangkan diri menjadi hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala secara total dan utuh.

Dengan demikian seseorang yang menempati tingkat ini tidak hanya meninggalkan berbagai jenis kesyirikan kebid’ahan dan kemaksiatan. Namun juga meninggalkan perkara-perkara yang makruh bahkan sebagian perkara mubah yang dikhawatirkan menggiring kepada perkara haram.

Tingkatan kedua ini adalah wujud maksimal untuk merealisasikan tauhid secara sempurna dalam meraih derajat yang setinggi-tingginya ketika masuk surga. Sedangkan tingkat yang pertama adalah standar untuk masuk surga tanpa azab dan perhitungan amal.

Tentu kedua tingkatan di atas memiliki perbedaan pula dalam hal mengibadahi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jika tingkat pertama hanya mengibadahi Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan perkara-perkara yang wajib saja beda hal dgn tingkat kedua. Pada tingkat ini peribadahan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak hanya sebatas perkara-perkara yang wajib saja tetapi juga dalam perkara yang mustahab. Tingkat pertama disebut dengan Al-Muqtashid sedangkan tingkatan kedua disebut dengan As-Sabiq bil Khairat. Wallahu a’lam.

Sumedang, Oktober 2009

Referensi

Jalan Golongan Yang Selamat, Muhammad bin Jamil Zainu.

Bagan Tauhid Mulkiyah, Abdul Fatah Wirananggapati.

http://www.blog.re.or.id/tauhid-uluhiyyah-inti-tauhid.htm

http://www.akhwat.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s